10 Penyebab Wanita Gampang Menangis

Wanita identik dengan air mata. Setiap hal yang bersinggungan dengan emosi bahkan empati tak jarang berakhir dengan air mata bagi wanita. Seolah-olah dibalik kelopak mata mereka tersimpan telaga bermuatan genangan air mata. Wanita lebih gampang menagis dari pada terserang sange dari cerita nafsu birahi. Wanita memang ada-ada saja.


Dalam sebuah penelitian yang digagas oleh vengerhoest psikolog klinis, menyebut bahwa wanita menangis 30 kali sampai 64 kali dalam setahun, sedangkan pria jauh lebih sedikit, hanya 6 sampai 17 kali.(orang menangis diteliti?)


Sebuah penelitian lain  di tahun 1960, mengungkapkan bahwa perempuan memiliki saluran air mata yang lebih pendek dan dangkal dibanding pria, metode penelitiannya adalah dengan cara melakukan pengukuran terhadap tengkorak wanita dan pria.


Jadi secara ilmiah dapat disimpulkan bahwa wanita memiliki peluang lebih besar dari pria untuk menjatuhkan air mata agar menetes membasahi wajah dan mengalir di pipi indahnya.

Kebiasaan wanita yang gampang menangis ini populis di negara kita dengan sebutan cengeng. 


Setuju atau tidak, yang jelas sebutan cengeng ini sudah terlanjur tinggi eksistensinya, bahkan sudah melewati batas ruang dan waktu yang cukup lama.


Barangkali ada istilah lain seperti melankolis atau rapuh, namun penggunaannya kalah populer dari kata cengeng.


Walaupun demikian, kebiasaan menangis yang disebut cengeng ini, ternyata secara psikis ada manfaatnya lho. Konon katanya menangis dapat meringankan beban fikiran dan membuang stres.


Ada baiknya bagi anda, entah itu pria maupun wanita, mencoba untuk menangis di saat mengalami beban fikiran yang maha berat atau lagi stres tingkat nabi. Tak ada salahnya mencoba, walau tak ada jaminan pasti, terutama dari saya,wkwkwkckk.


Kembali ke laptop!


Wanita secara batiniah memang dianugerahi yang maha kuasa sebuah sifat penyayang yang kadarnya boleh mereka banggakan dari pada si lawan jenis.


Oleh karenanya, sangatlah cocok mereka mengemban kodrad melahirkan dan membesarkan anak manusia dalam dekap hangat dan luapan sayang tak terkira. Maha besar Allah atas ciptaannya yang maha indah.


Rasa sayang yang mengendap dalam relung hati setiap wanita kadang berubah mencetus tangis saat berhadapan dengan situasi emosi  yang mengharap iba dan belaian.


Tak semua orang kadang sanggup memahami isi hati wanita yang paling dalam. Keluh kesah mereka kadang tak mendapat tempat perhatian dari ego yang berlebihan.


Semestinya seorang pria yang arif, akan mengharamkan air mata menetes di pipi ibunya. Dan analoginya adalah, seorang perempuan adalah ibu, walau belum semua mereka sampai ke singgasana itu. Tak salah rasanya bila kita (terutama kaum adam) sedikit berupaya untuk mencoba memahami apa penyebab lahirnya air mata mereka.



Supaya tak menyesatkan, ijinkan tulisan ini jadi obor penerang dan perambah jalan menuju sebuah jawaban, yang setiap laki-laki wajib mengimaninya.


Penyebab Wanita Gampang Menangis


1. Faktor Keturunan


Faktor keturunan
pexel.com


Kebiasaan menangis pada wanita, terkadang muncul karena bawaan genentik dalam diri mereka yang bersumber dari orang tua maupun leluhur.


Sebuah faktor yang teramat sulit untuk dilawan. Namun hal ini berbeda dengan sebuah penyakit yang penggolongannya juga ada yang bersumber dari faktor keturunan.


Kebiasaan terlalu mudah meneteskan air mata ini, hingga kini belum tergolong ke dalam sebuah penyakit. Barangkali WHO masih terlalu sibuk menggolongkan jenis lain, atau masih berkutat mencari solusi pembasmi pandemi covid-19.


Satu hal yang mesti kita mengerti dan fahami adalah sebuah frase, bahwa tak semua tangis wanita bersumber dari kesengajaan emosi atau dibuat-buat untuk dapat jatah ransum perhatian.


2. Fluktuasi Hormon



Fluktuasi hormonal pada perempuan
pexel.com

Wanita yang sehat mengalami yang namanya grafik turun naik atau fluktuasi hormonal. Terutama saat menjelang siklus menstruasi, saat mengkonsumsi pil kb, atau dalam tahap menjelang menopouse.


Secara ilmu kedokteran dijabarkan bahwa wanita mengalami tiga fase dalam hidupnya.

  • Fase kanak-kanak
  • Fase masa produktif
  • Fase menopouse

Dalam setiap fase, wanita mengalami perubahan bentuk tubuh dan perubahan psikis. Hal ini dipicu oleh adanya hormon (esterogen dan progesteron).


Hormon inilah yang mempengaruhi suasana hati. Terutama saat wanita dalam masa siklus menstruasi. Makanya dalam masa ini wanita cenderung sensitif dan sangat toleran akan kehadiran air mata.


Bagi anda (wahai para arjuna cap cacing tambang), jika anda mengaku pencinta wanita, hal ini wajib di fahami. Dan satu hal penting lagi adalah memberi ruang dan jarak yang cukup saat wanita di fase ini. Nilai tambahnya adalah stabilitas kebahagiaan anda terjamin pada level aman.wkwkwckk xixixi,,,.


3. Kurang Tidur Dan Stres


Kurang tidur bisa menyebabkan stress
pexel.com

Banyak penyakit yang bisa timbul karena kurangnya waktu istirahat atau tidur. Normalnya manusia dewasa membutuhkam waktu untuk tidur sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari.


Andai kata lebih dari itu.anda akan tergolong ke dalam sebuah aliran manusia tidak normal atau diatas normal.


Sakit kepala dan pusing, tekanan darah rendah dan menurunnya fungsi organ, adalah beberapa contoh penyakit yang hadir saat anda kurang tidur.


Agar terhindar dari siksaan penyakit tersebut, tingkatkanlah kualitas waktu tidur anda, namun apabila sulit diaplikasikan, tulisan saya terdahulu barang kali bisa memberi secercah solusi dan bisa anda baca di sini


Bagi wanita, berkurangnya waktu istirahat dan tidur yang cukup dapat berpengaruh negatif bagi mental dan psikis mereka yang rentan. Tak butuh masalah yang besar untuk membuat mereka bersedih dan menangis dalam kondisi psikis yang tidak stabil.


Lagi stabil aja gampang nangis, apalagi tidak stabil,,,,,namanya juga wanita, jadi harap maklum ajahhh.


Begitu juga halnya saat wanita sedang dalam sebuah problematika hidup menjurus kepada kegalauan atau stres.


Contoh sederhana, saat sang wanita tak mendapat perhatian khusus dari gebetan, saat cintanya tak berbalas, atau saat si wanita bermasalah dalam dunia kerjanya, atau bahkan saat masakan mertua ternyata lebih nikmat dari pada hand made sendiri.


Masalah seperti ini adalah penghasil komoditi stres teratas bagi wanita. Jika sudah terlanjur stres, muaranya sudah dapat ditebak, diam sejenak, lalu menangis. Kadang ada yang menyendiri dan bersembunyi, namun tak jarang pula ada yang lebih berani dan terang-terangan menangis di depan ekosistem terdekatnya.


4. Sangat Takut Kehilangan



Kalau sudah sayang dan cinta, katanya wanita rela melakukan apa saja buat orang yang disayang, entah sekedar mitos atau fakta, hanya wanita jua yang tau jawaban pastinya.

Yang jelas, sikap sayang dan cinta ini menjadikan wanita teramat posesif dan over perhatian. Dan pada ujungnya, menyemburlah rasa takut kehilangan.


Rasa takut kehilangan dalam sudut pandang universal lebih tepatnya.


Wanita atau seorang ibu pasti takut kehilangan suami dan anak-anaknya, wanita atau seorang istri takut kehilangan perhatian si suami dan jatah belanja bulanannya, wanita atau seorang pribadi, takut kehilangan decak kagum dari gebetannya, bahkan wanita takut kehilangan mantan demi sebuah pelampiasan sakit hati yang belum terbalaskan.


Tak hanya itu sesungguhnya, untuk hal-hal yan beraroma kebendaan, harta atau bahkan mungkin uang. Wanita akan sangat fobia bila kehilangan jenis ini.

Posesifitas dan protektifitas mereka akan serta merta meningkat tajam apabila menyangkut masalah yang satu ini.


Bila tak disangka dan disengaja hilang, tamat sudah riwayat keceriaan mereka. Tangis tak berwarna akan membahana seantero jagad dan se isi semesta. Tak akan mudah mencari pelipur laranya, dan butuh waktu lama untuk kembali normal.


Catatan : point 4 ini agak sedikit objektif, namun bukan curhat penulis.

5. Berhati Lembut


Wanita berhati lembut
pexel.com

Konon katanya wanita memiliki hati selembut salju. Sesungguhnya teramat sulit untuk dibuktikan khususnya di negara kita, yang mana rata-rata penduduknya tidak pernah berinteraksi dan merasakan kelembutan salju.


So,


Istilah atau kata-kata yang menyebutkan bahwa hati wanita selembut salju kita kesampingkan dahulu karena sulitnya membuktikan salju itu lembut atau tidak.

 

Mari kita upayakan analogi lainnya yang lebih masuk akal dan terbukti lembut.


Hati wanita selembut sutra,(yang ini terasa lebih cocok dan pas).


Hati yang lembut itu rawan rusak apabila dipertemukan dengan sikap keras apalagi menjurus kasar. Bahkan kelembutan akan sirna saat berpapasan dengan sakit hati dan kekecewaan.


Namun walaupun demikian, tak semua geng Mama Dedeh ini berhati lembut. Ada juga kok yang berhati jahat. Konon katanya wanita seperti ini biasa dipanggil dengan sebutan ibu tiri. Namun tak semua, bahkan hanya beberapa, atau mungkin nyaris tak ada sama sekali spesies ibu tiri yang berhati jahat.


Menganalogikan seorang ibu tiri sebagai wanita jahat,  sudah tak relevan lagi dengan kemajuan zaman, bahkan mungkin sudah kedaluarsa sejak lama.


Yang pasti diakui keberadaannya mungkin sebangsa wanita yang dengan kelembutan hatinya mampu meluluhkan siapa saja. 


Di satu sisi, kelembutan hati bisa menjadi senjata ampuh bagi wanita untuk meluluh lantakkan hati pria searogan apapun.


Namun disisi lain, kelembutan hati adalah katalisator penyumbang untaian air mata dan kepiluan.


Wanita yang berhati lembut rawan didera tangis, karena sumur tua aliran air mata adalah hati.


6. Mudah Merindu

Sesungguhnya bukan wanita saja yang gampang merindu, pria pun bernasip sama. Hanya saja, jika diadakan sensus resmi dan pendataan yang valid, wanita pasti unggul mutlak dan tak terkejar pria.


Wanita yang dalam jiwanya tertanam cinta kasih seorang ibu, pasti memendam rasa rindu tak terkalahkan. Karena sejatinya peran istimewa seorang ibu adalah memastikan siapa saja orang terdekatnya ada dalam keadaan baik dan aman.


Orang tua, suami, anak dan saudara, bahkan pacar atau tunangan, adalah deretan nama yang berbaris rapi di ruang rindu seorang wanita. Jika ada satu slot yang kosong, ruang rindu itu akan memuai menghadirkan jutaan tanda tanya berbalut cemas dan kesedihan.


Sekali lagi, wanita kan menangis. Tak salah bila dilan  berkata bahwa RINDU ITU BERAT, dan wanita yang memikulnya pasti akan bersedih dan beruntai air mata.


Jika anda para Don Juan cap piring terbang, sayang dan cinta pada wanitamu. Jangan biarkan mereka berlama-lama menahan beban rindu. Siksaan hidup terberat bagi wanita adalah menimang rindu yang tak berkesudahan.


7. Sensitif Tapi Pemaaf

Secara umum, wanita lebih sensitif dan peka terhadap apa saja yang ada di sekitar dibanding pria.


Hal ini terjadi karena wanita lebih mengutaman hati dalam bersikap ketimbang logika. Berbanding terbalik dengan pria yang lebih dominan mengedepankan logika.


Apa saja jika dinilai dengan hati tentu saja akan bermakna lebih. Sehingga dapat disimpulkan bahwa wanita memandang dunia jauh lebih besar, jauh lebih indah dan jauh lebih jahat ketimbang pria.


Pria lebih tertuju untuk mengedepankan ego dan individualitas, makanya pria tak memiliki komunitas atau perkumpulan arisan atau kelompok gosip.


Keuangan, masa depan dan selingan hura-hura adalah ranah pria yang tak terbalut rasa kebersamaan sekokoh wanita.


Memiliki kesamaan kepekaan dan sensitifitas menjadikan wanita menjelma dalam bentuk kelompok tak baku. Mungkin disana adalah tempat mereka membuang rasa peka dan sensitif, guna menikmati sejenak alam bebas tanpa kungkungan.


Namun sepulangnya dari sana, rasa itu tak akan hilang, karena begitulah adanya wanita, gampang merindu dan takut kehilangan, tak terkecuali pada rasa sensitif dan kepekaan mereka.


8. Stok Empati Yang Besar


Penyabar dan penuh empati
pexel.com

Jika sudah memiliki sifat sensitif dan peka, maka kesinambungannya akan berwujud empati yang maha tinggi. Wanita adalah pelakon yang tak tunggal pemegang titah ini.


Mereka mengasihi dengan empati yang maha tulus. Mereka bisa ikut menangis merasakan beban berat orang terdekat dan sekitarnya. Mereka bisa melupakan apa saja saat memikirkan orang terkasihnya.


Iya,

Wanita bertopang empati maha menumpuk, bila disandingkan dengan pria yang memiliki rasa rela berkorban maha dalam, Dinas Sosialpun bukanlah tandingannya.


Rasa empati terhadap orang terdekat dan sesama, di dalamnya pasti mengalir air mata. Karena empati berwujud selaras dengan air mata, terutama bagi wanita.



9. Gampang Kagum Dan Takjub


Wanita gampang mengagumi
pexel.com

Mungkin ini salah satu kelemahan wanita di mata pria. Wanita gampang jatuh cinta, kagum dan takjub, terutama pada hal yang menarik perhatian mereka.


Bila ditelaah pada sisi negatifnya, hal seperti ini memancing sikap konsumtif yang berlebihan. Semisal, begitu gampangnya wanita takjub pada kemewahan, gaun mahal, tas jutaan, berlian hingga mobil mewah adalah nama-nama benda yang dikagumi wanita manapun.


Selain benda, wanita juga terlalu mudahnya kagum dan takjup pada manusia. Boyband korea hingga kiwil adalah manusia yang amat dikagumi wanita.


Kalau sudah begini, siapa yang repot?, kalau bukan orang tua tentu suami. Kalau si dung dung pret masih disini, barangkali dia punya jawaban lain.


Adakalanya rasa takjub dan kagum yang berlebihan, bagi wanita tak jarang menghadirkan air mata. Jika kurang percaya, cobalah sekali-sekali tonton konser boyband korea. Barisan terdepannya mesti disesaki gerombolan gadis remaja, yang melantukan pekik histeris pada pujaannya, dan disana pasti ada yang meneteskan air mata.


Masih ingin contoh lainnya,,,?


Coba saja inisiatif anda cari sendiri, karena saya masih punya satu point lagi wkwkwckkkkkk,,,,,


10. Wanita Memiliki Saluran Air Mata Yang Dangkal


Sebagaimana telah dibahas di awal tulisan tadi. Bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengukuran rangka tengkorak manusia, di dapatkan resume bahwa, ukuran saluran air mata wanita lebih pendek dan dangkal dibanding pria.


Sehingga air mata wanita lebih gampang tertumpah setelah dipicu 9 faktor diatas.


Wanita menagis itu lumrah, membuat mereka berhenti, itu susah.


Maka jika engkau sayang pada ibumu,istrimu,anak perempuanmu, saudara dan perempuan terdekatmu, jangan buat mereka menangis. Tangis mereka biasanya jujur dan tak berjeda iklan.  


Sebaik-baik pria adalah disekililingnya dipenuhi senyum dan tawa wanita.




M💞💞E💞💞S


Share this:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Rahasia Pria Yang Jarang Diketahui Wanita

Apa Itu Stashing Dalam Hubungan Kenali Tanda-Tandanya

Kejantanan Pria Dapat Diukur Dengan 5 Hal Ini